Contoh Descriptive Text

Hasil gambar untuk descriptive text

Descriptive text adalah suatu teks yang menjelaskan atau mendeskripsikan orang orang, hewan, tempat atau suatu benda baik bentuknya, sifat-sifatnya, jumlahnya dan lain-lain.
Teks deskripsi sering kali menggunakan kata be dan have, yang kerap digunakan dalam bentuk simple present tense. Namun, bila hal yang akan anda jelaskan sudah tidak lagi ada, anda bisa menggunakan past tense untuk menggambarkannya.

Agar lebih mudah mengenali descriptive text, anda bisa memerhatikan generic structure atau struktur umum yang biasanya terdapat dalam bacaan tersebut, antara lain:
Struktur Teks Deskripsi

  • Identifikasi (Identification)
Mengidentifikasi atau mengenali sesuatu yang akan dijelaskan.

  • Deskripsi (Description)

Menjelaskan hal tersebut berdasarkan bagian-bagiannya, kualitas, atau karakteristiknya.
Sebelum masuk ke contoh teks deskripsi, Anda perlu mengetahui garis besar jenis teks ini. Secara garis besar biasanya descriptive text menggunakan bahasa-bahasa seperti:

  • Adjective (kata sifat) dan mengklasifikasikan dalam kelompok nominal
  • Attributive dan proses identifikasi
  • Menggunakan kalimat simple present tense



Contoh singkat Descriptive Text :

GEORGE

I have to pick up someone today at the airport. He is from Australia. His name is George. I never meet him before and I do not have his picture.I prepare a small board and write his name. I will bring that at the airport. I hope George will find me.

He informed that he wore black shirtblue jeans and redshoes. He also brought a big orange bag. I had known from him that he is very tall, thin body and red hair.he has thick mustache.

Terjemahan George :


Saya harus menjemput seseorang hari ini di bandara. Dia dari Australia. Namanya adalah George. Saya tidak pernah bertemu dengannya sebelumnya dan saya tidak memiliki fotonya. Saya menyiapkan papan kecil dan menulis namanya. Saya akan membawanya di bandara. Saya harap George akan menemukan saya.

Dia memberi tahu bahwa dia mengenakan kemeja hitam, celana jeans biru, dan sepatu merah. Dia juga membawa tas oranye besar. Saya sudah tahu dari dia bahwa dia sangat tinggi, tubuh kurus dan rambut merah. Dia berkumis tebal.



Sekian itu dia pengertian dan contoh descriptive text. Semoga bermanfaat^^

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Macam Generasi Manusia